"yang mau mengelola web ini 1ooribu aja wes, silahkan hubungi email imamesemka@gmail.com"

8 Agustus 2012

RPP BERKARAKTER

Maksud RPP karakter sangat berhubungan dengan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, bagaimana caranya supaya siswa mampu belajar sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus.  Rencana pelaksanaan pembelajaran memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar

Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya (Nana Sudjana 1991:22). Sedangkan menurut Asep Jihad (2008:15), hasil belajar adalah perubahan tingkah laku secara nyata setelah dilakukan proses belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan perbuatan belajar yang meliputi pengetahuan, ketrampilan dan sikap baru yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa. Hasil belajar dalam rangka studi dapat dicapai, antara lain melalui ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Perinciannya adalah sebagai berikut:
  1. Ranah kognitif, meliputi kemampuan menyatakan kembali konsep atau prinsip yang telah dipelajari dan kemampuan intelektual. Sebagian besar tujuan instruksional berada dalam ranah kognitif.
  2. Ranah afektif, berkaitan dengan sikap dan nilai. Menurut Nana Sudjana (1991:30) ranah afektif meliputi lima jenjang kemampuan yaitu menerima (pengenalan), menjawab atau reaksi (merespon), menilai (penghargaan), organisasi (menghubungkan dengan nilai-nilai yang dipercaya) dan karakterisasi dengan suatu nilai atau kompleks nilai (pengamalan)
  3. Ranah Psikomotorik, berhubungan dengan kemampuan gerak atau manipulasi yang bukan disebabkan kematangan biologis. Kemampuan gerak atau menipulasi tersebut dikendalikan kematangan psikologis.
Untuk lebih lengkapnya tentang pengertiannya dan cara membuat RPP berkarakter silahkan download item-item dibawah ini:
  1. Pengertian Karakter
  2. Kata kerja karakter (kognitif, afektif, psikomotor)
  3. Cara membuat RPP karakter (baru)
  4. Contoh RPP karakter 1
  5. Contoh RPP karakter 2 (lebih lengkap dengan berbagai model pembelajaran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar