Mobil adalah barang mewah
yang keberadaannya hanya dimiliki oleh segelintir orang. Itulah mengapa
kepemilikan mobil menjadi sebuah simbol status tingkat ekonomi
seseorang. Maka berlomba-lombalah produsen kendaraan bermotor
menciptakan mobil dengan berbagai bentuk gaya dan rupa, dengan semua
spesifikasi interior dan exterior yang disesuaikan dengan berbagai kasta
"ekonomi" masyarakat, mulai dengan spesifikasi minimun sampai
spesifikasi mewah alias luxurious.
Namun begitu, kehadiran
mobil di Indonesia masih dikuasai oleh produsen mobil luar negeri,
seperti Jepang yang menguasai hampir semua lini otomotive di Indonesia,
mulai dari merk Honda, Toyota dan Daihatsu, belum lagi negara-negara
lain seperti USA dengan seri Ford nya atau negara-negara seperti Korea
dan dengan berbagai merk mobilnya yang menggambarkan betapa pasar mobil
nasional masih dikuasai produk asing.
Namun berkat motivasi untuk
menyediakan mobil bagi masyarakat Indonesia dengan harga terjangkau,
pemuda-pemuda bangsa yang duduk di bangku SMK (Sekolah Menengah
Kejuruan) yang merupakan gabungan dari 12 SMK jurusan Otomotif, di
antaranya SMKN 1 Singosari (Kabupaten Malang,Jawa Timur), SMK Warga
Surakarta (Jawa Tengah), SMKN 5 Surakarta, dan SMK Muhammadiyah 2
Borobudur (Magelang, Jawa Tengah). menggandeng bengkel Kiat Motor Klaten
untuk menciptakan sebuah mobil beraroma Indonesia, yang kemudian di
beri nama Mobil ESEMKA.
Walau menggunakan mesin dari KIA yang merupakan mesin yang dulu dipakai
untuk mobil Timor untuk Esemka Rajawali Generasi pertama, namun
penggabungan berbagai komponen tersebut dari tangan-tangan para siswa
SMK membuahkan produksi mobil Esemka yang memiliki kemampuan dan design
yang tak kalah dengan produk-produk luar negeri. Bahkan pihak KIA
menyebutkan bahwa mereka kini tidak tahu mesin apa yang digunakan pada
Esemka Rajawali generasi ke 2.
Mobil Esemka yang merupakan model Sport Utility Vehicle (SUV) ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :
- Panjang : 5.035 mm
- Lebar : 1.680 mm
- Tinggi : 1.600 mm
- Bahan Bakar : Bensin
- kapasitas Mesin : 1.500 cc DOHC 4 silinder + 16 V Injection Water Cooled
- Transmisi : 6 (1-2-3-4-5-R)
- Max Speed : 180 Km/jam Max.
- Output : 105HP / 5.500 rpm
- Max Torque : 145 Nm / 4.100 RPM
- Power Stearing
- Central Lock System
- Power Windows
- Parking Censor
- Air Conditioner Dual Zone
- Audio System + CD Daya Tampung 7 Penumpang + Supir
Tampilan SUV Esemka Rajawali
pun sangat gagah dan garang, macho sekali, serta tidak ketinggalan
jaman. Seperti perpaduan gaya antara Toyota Rush dan Honda CRV. Bahkan
saat dibandingkan dengan kedua merk tersebut, maka mobil ini memiliki
spesifikasi yang tak kalah jauh. Walau begitu, mobil ini masih menuai
berbagai kritikan dan sindiran pedas.
Merk Mobil Esemka kini
dipegang oleh agen tunggal pemegang merek (ATPM) yaitu :
Alamat :
http://www.mobilsmk.com/
PT. Solo Manufaktur Kreasi.
Jl. Ki Hajar Dewantara Kentingan, Jebres, Surakarta.
Dan menurut informasi akan dijual dipasaran dengan harga :
- Harga Esemka tipe Pick-Up Double Cabin (1.5i Digdaya) Rp. 75 juta s/d 95 juta.
- Harga Esemka tipe SUV (1.5i Rajawali) Rp. 100 Juta s/d 125 Juta.
Seriusnya pengembangan proyek Mobil Nasional Esemka, diperlihatkan oleh
Walikota Solo tempat dimana Mobil ini pertama kali diperkenalkan, yaitu
bapak Joko Widodo. Menurut info, beliau tengah serius untuk menggandeng
Proton Malaysia untuk meningkatkan mutu dan kualitas mobil Esemka
Rajawali.
*sumber: poztmo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar